Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAKEM (PARTISIPATIF, AKTIF, KREATIF, DAN MENYENANGKAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2018-2019.
Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM (Partisipatif, Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Muhammadiyah 1 Palembang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Pendidikan Sejarah. Program Sarjana (S1). Fakultas dan Ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing:Apriana, M. Hum. Selaku Pembimbing (I),Yusinta Tia Rusdiana, S.Pd.,M.Pd. Selaku Pembimbing (II).Kata Kunci: Pengaruh,ModelPAKEM,Hasil Belajar, SMA Muhammadiyah 1 Palembang.Penelitian ini dilatarbelakangi keingintahuan penulis terhadap model pembelajaran PAKEM, yang diterapkan dalam proses pembelajaran sejarah. Rumusan masalah: (1) Bagaimana penerapan Model PAKEM pada mata pembelajaran Sejarah kelas XI IIS SMA Muhammadiyah 1 Palembang tahun ajaran 2018-2019?; (2) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi dalam menerapkan model PAKEM pada mata pelajaran sejarah kelas XI IIS SMA Muhammadiyah 1 Palembang tahun ajaran 2018-2019?; (3) Bagaimana pengaruh penerapan model PAKEM terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IIS SMA Muhammadiyah 1 Palembang tahun ajaran 2018-2019?.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen Semu. Pendekatan;(1) Pendekatan geografis (2) Pendekatan sosiologis (3) Pendekatan psikologisdan Jenis penelitian Kuantitatif. Prosedur pengumpulan data; (1)Observasi;(2)Wawancara;(3)Dokumentasi;(4)Tes. Tehnik Analisis Data; (1) Validitas Tes (2) Reliabilitas (3) Tingkat Kesukaran (4) Normalitas Data (5) Hipotesis Data. Kesimpulan; (1) Penerapan model pembelajaran PAKEM dengan materi pokok Kerajaan-kerajaan Besar Indonesia pada kekuasaan hindu-buddha, sub pokok materi kerajaan Majapahit.(2) Kendala-kendala yang dihadapi siswa tidak berani untuk menggemukakan pendapat akibatnya sebagian siswa yang terlihat aktif saat proses belajar mengajar, kurangnya ketersedian buku paket, jam pelajaran sejarah dilaksanakan pada siang hari akibatnya siswa sudah mulai kelelahan, mengantuk yang mengakibatkan proses belajar kurang efektif. (3)Pengaruh model pembelajaran PAKEM yang dilakukan peneliti adalah nyata pengaruh tersebut terlihat pada peningkatan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen sebesar 76,36 saat mengikuti tes awal dan tes akhir, siswa juga aktif dalam proses belajar. Saran(1)Bagi guru, karena hasil tes yang diperoleh berbeda, maka disarankan untuk para pendidik agar bisa menggunakan model-model pembelajaran yang lain, agar siswa lebih aktif sehingga proses belajar mengajar sejarah tidak membosankan. (2) Bagi siswa, agar dapat bermanfaat untuk dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam kegiatan belajar mengajar, memberikan motivasi terhadap hasil belajar siswa untuk semangat dalam belajar, dan diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. (3) Bagi sekolah, sebaiknya lebih melengkapi fasilitas untuk belajar agar siswa lebih aktif dan termotivasi dalam kegatan belajar seperti buku-buku pelajaran, globe, peta dan miniatur sejarah.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain