Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X MIA DI SMA NEGERI 1 TL. UBI TAHUN AJARAN 2018/2019.
Kata kunci: Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R), Kemampuan Berpikir Kritis, Keanekaragaman Hayati
Pendidikan sangat memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa karena melalui kegiatan pendidikan dapat menuju terwujudnya bangsa indonesia sebagai bangsa yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Salah satu upaya yang ingin dicapai pada kurikulum 2013 adalah mencetak generasi yang memiliki kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran survey, quetion, read, reflect, recite, review (SQ4R) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MIA di SMA Negeri 1 TL. Ubi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment, Populasi ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 TL. Ubi, sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu X MIA 1 sebagai kelas Eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas Kontrol, Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t Hasil Penelitian didapatkan bahwa rata-rata penguasaan kemampuan berpikir kritis pada tes awal kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SQ4R adalah 40,92 meningkat menjadi 80,25 pada tes akhir, sedangkan pada kelas kontrol nilai tes awal yang menggunakan model konvensional adalah 40,50 meningkat menjadi 74,31. Berdasarkan analisis uji- t berpasangan dan uji t- tidak berpasangan di dapatkan hasil nilai signifikasi 2- tailed sebesar 0,000
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain