Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMA SRIGUNA PALEMBANG.
Kata Kunci: Model pembelajaran Challenge based learning, Kemampuan berpikir kritis
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Challenge based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Sriguna Palembang. Metode penelitian yang digunakan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Non eqivalent control grup desain. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Sriguna Palembang. Sampel pada penelitian ini dilakukan di kelas X IPA SMA Sriguna Palembang, yang terdiri dari dua kelas yaitu X IPA 1 sebagai kelas eksperimen (Model Challenge based learning). Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan model pembelajaran Challenge based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Kelas X di SMA Sriguna Palembang. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa tersebut dapat dilihat dari hasil uji t berpasangan (Paired sample t-test) pada kelas eksperimen didapatkan bahwa thitung = 4,510 ˃ ttabel 2,570 dengan taraf signifikansi 0,05 pada probabilitas 0,006. Artinya pembelajaran Challenge based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus kelas X di SMA Sriguna Palembang.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain