No image available for this title

Skripsi

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHALLENGE BASED LEARNING PADA MATERI VIRUS KELAS X DI SMA SRIGUNA PALEMBANG.



Kata Kunci: Model pembelajaran Challenge based learning, Kemampuan berpikir kritis
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Challenge based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Sriguna Palembang. Metode penelitian yang digunakan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Non eqivalent control grup desain. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Sriguna Palembang. Sampel pada penelitian ini dilakukan di kelas X IPA SMA Sriguna Palembang, yang terdiri dari dua kelas yaitu X IPA 1 sebagai kelas eksperimen (Model Challenge based learning). Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan model pembelajaran Challenge based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Kelas X di SMA Sriguna Palembang. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa tersebut dapat dilihat dari hasil uji t berpasangan (Paired sample t-test) pada kelas eksperimen didapatkan bahwa thitung = 4,510 ˃ ttabel 2,570 dengan taraf signifikansi 0,05 pada probabilitas 0,006. Artinya pembelajaran Challenge based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus kelas X di SMA Sriguna Palembang.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this