Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 PALEMBANG PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA.
Pendidikan nasional telah diatur dan didefinisikan dalam undang-undang sistem pendidikan nasional (UU Sisdiknas) Nomor 20 tahun 2016 yang didefinisikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pendidikan agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, dipengaruhi oleh meodel, metode, dan media pembelajaran yang digunakan. berpikir kritis merupakan proses dengan tujuan agar setiap individu dapat membuat keputusan-keputusan yang masuk akal, sehingga apa yang dianggap terbaik tentang suatu kebenaran dapat dilakukan dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP negeri 7 Palembang pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment, Populasi ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan VIII 3 sebagai kelas kontrol, Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata penguasaan kemampuan berpikir kritis pada tes awal kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran POGIL adalah 52,00 meningkat menjadi 80,34 pada tes akhir, sedangkan pada kelas kontrol nilai tes awal yang menggunakan model konvensional adalah 42,97 meningkat menjadi 75,28. Berdasarkan analisis uji-t berpasangan dan uji t- tidak berpasangan didapatkan hasil nilai signifikasi 2-tailed sebesar 0,000
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain