Skripsi
ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI KOTA PALEMBANG.
Hasil wawancara yang telah dilakukan kepada guru di SMP Negeri Kota Palembang mengenai analisis proses pembelajaran IPA berbasis kurikulum 2013 diperoleh informasi bahwa sekolah sudah menerapkan proses pembelajaran kurikulum 2013, akan tetapi pada proses pembelajaran guru memiliki kendala dengan implementasi kurikulum 2013 yaitu mengajak siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran, sarana dan prasarana sekolah belum sepenuhnya terpenuhi, jumlah buku tidak memenuhi jumlah siswa dan kendala lain yang dihadapi guru yaitu masih bingung dalam membuat perangkat pembalajaran (RPP) karena banyaknya langkah-langkah pembelajaran dalam pembuatan RPP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis proses pembelajaran IPA berbasis kurikulum 2013 di SMP Negeri Kota Palembang. Metode penelitian menggunakan metode deskripif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum sebanyak 6 orang, guru IPA sebanyak 22 orang dan siswa kelas VIII 381 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar angket, lembar wawancara, lembar observasi serta dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian diketahui bahwa keterlaksanaan proses pembelajaran IPA berbasis kurikulum 2013 di SMP Negeri Kota Pelembang berdasarkan angket guru dan angket siswa pada indikator alokasi waktu terlaksana sangat baik, pada indikator pengelolaan kelas terlaksana sangat baik, indikator kegiatan awal terlaksana sangat baik, pada indikator kegiatan inti terlaksana dengan baik, dan pada indikator kegiatan penutup terlaksana sangat baik.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain