Skripsi
PENERAPAN PENDEKATAN VAK (VISUAL AUDITORY KINESTHETIC) BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 12 PALEMBANG.
Proses pembelajaran yang terjadi menuntut peserta didik memiliki potensi sebagai peluang untuk menempatkannya pada kehidupan yang semakin kompetitif, salah satunya melalui penguasaan ilmu pengetahuan sehingga menciptakan proses belajar yang aktif, kritis, analisis, inovatif dan kreatif. (1) Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa melalui penerapan pendekatan VAK (Visual Auditory Kinesthtetic) berbasis lingkungan kelas X di SMA Negeri 12 Palembang. (2) Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan desain one group pretest-posttest design. (3) Populasi pada penelitian adalah seluruh kelas X yang berjumlah 3 kelas dengan 105 orang siswa. (4) Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X IPA 1 yang diterapkan pendekatan VAK (Visual Auditory Kinesthetic) berbasis lingkungan. (5) Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan uji-t (Paired sample test) diperoleh nilai signifikansi (sig 2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05 sehingga Ha diterima yang artinya bahwa penerapan pendekatan VAK (Visual Auditory Kinesthetic) berbasis lingkungan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas X di SMA Negeri 12 Palembang. Berdasarkan peningkatan penguasaan konsep siswa pada tes awal dan tes akhir yang mengalami peningkatan tertinggi yaitu pada indikator C3 (mengaplikasikan) sebesar 47% sedangkan peningkatan paling rendah pada indikator C5 (mengevaluasi) hanya 7%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa kelas X melalui penerapan pendekatan VAK berbasis lingkungan di SMA Negeri 12 Palembang.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain