Skripsi
PENGARUH LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP SIKAP KRITIS SISWA DI SMP NEGERI 2 LALAN.
Kata Kunci: Discovery Learning, Lingkungan Sekolah, Sikap Kritis
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dengan penerapan model Discovery Learning terhadap sikap kritis siswa di SMP Negeri 2 Lalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol tak setara (non equivalent contol group design). Sampel yang digunakan berjumlah 68 siswa kelas VII yang diambil dari kelas VII 2 berjumlah 34 orang dan kelas VII 3 berjumlah 34 orang. Kelas VII 3 menjadi kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model discovery learning dengan sumber belajar lingkungan sekitar sekolah dan kelas VII 2 menjadi kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model talking stick. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk memperoleh nilai sikap kritis dan keterampilan. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji Mann-Whitney U test two sample penilaian sikap kritis pada kelas VII 3 menggunakan model discovery learning dengan sumber belajar lingkungan sekolah dan kelas kontrol menggunakan model talking stick nilai signifikansi (2-tailed) 0,000. Jika nilai signifikansi (sig.) 2-tailed α < 0,05/2, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada antara sikap kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan penerapan model discovery learning terhadap sikap kritis siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan d SMP Negeri 2 Lalan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain