Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X.1 MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 RANTAU PANJANG, OGAN ILIR.
Pengaruh Model Pembelajaran Jucama terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X.I Materi Keanekaragaman Hayati di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rantau Panjang, Ogan Ilir. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (SI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Hendra S.Pd.,M.Si., (II) Rindi Novitri Antika S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Jucama, Hasil Belajar Kelas X.1.
Pendidikan selalu diorientasikan pada penyiapan siswa untuk berperan di masa yang akan datang. Oleh karena itu pendidikan hendaknya mengarah pada upaya pembentukan manusia yang tanggap dan peka terhadap lingkungan, disamping itu pendidikan juga diarahkan untuk meningkatkan potensi siswa sebagai subyek pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah (jucama) terhadap hasil belajar siswa kelas X.1 materi keanekaragaman hayati Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rantau Panjang, Ogan Ilir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.1 yang dipilih dengan tehnik Purposive sampling. Metode penelitian adalah pra-Eksperimental digunakan 1 kelas sehingga tidak ada kelas pembanding, desain penelitian menggunakan pretest dan posttest. Sedangkan instrumen penelitian hasil belajar ranah kognitif adalah soal, afektif dan psikomotor menggunakan lembar observasi. Hasil uji t data berpasangan (paired sample test) nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,025 berati ada pengaruh model pembelajaran pengajuan dan pemecahan masalah (jucama) terhadap hasil belajar siswa kelas X.1 materi keanakeragaman hayati Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rantau Panjang, Ogan Ilir.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain