Skripsi
PENGEMBANGAN ASESMEN BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG.
Kata Kunci: Asesmen Biologi, Keterampilan Berpikir Kritis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan dan kelayakan asesmen Biologi berbasis keterampilan berpikir kritis (KBK). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Produk yang akan dikembangkan berupa asesmen Biologi berbasis keterampilan berpikir kritis. Pengembangan yang dilakukan menggunakan model pengembangan dari adaptasi McIntire. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, kuesioner, soal essay berpikir kritis dan lembar observasi. Validasi ahli dilakukan oleh 2 validator ahli; 1) ahli materi; dan 2) ahli evaluasi keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan menggunakan statistik Aiken’s V dan analisis kuantitatif dengan menggunakan program SPSS versi 16 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian ini berupa asesmen Biologi berbasis keterampilan berpikir kritis berbentuk uraian/essay dengan materi kelas XI semester genap dan menghasilkan produk akhir soal dari uji coba ke-1 dan ke-2 berjumlah 34 butir soal. Kelayakan asesmen Biologi berbasis keterampilan berpikir kritis berdasarkan validator ahli hasilnya terkualifikasi cukup dan sangat tinggi serta berdasarkan hasil validitas empiris butir soal dinyatakan pada uji coba ke-1 valid dengan 30 soal, pada uji coba ke-2 valid dengan 34 soal, untuk nilai reliabel uji coba ke-1 rata-rata terkategori bagus sekali dengan nilai 0,841 dan ke-2 rata-rata terkategori bagus sekali dengan nilai 0,836. Pada uji kesukaran soal pada uji coba ke-1 rata-rata soal tergolong sukar dengan nilai 0,289 dan uji coba ke-2 rata-rata terkategori sedang dengan nilai 0,514 dan uji daya pembeda untuk uji coba ke-1 dan ke-2 terkategori cukup dengan nilai 0,23 dan 0,27.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain