No image available for this title

Skripsi

KORELASI ANTARA HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI JAMUR KELAS X DI MA BABUSSALAM PAYARAMAN.



ABSTRAK
Marleni. 2019. Korelasi Antara Hasil Belajar dan Motivasi Belajar dengan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Jamur Kelas X di MA Babussalam Payaraman. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd.,(II) Ervina Mukharomah, S.Pd., M.Si.
Kata Kunci: Korelasi, Hasil belajar, Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Terbimbing
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar dan motivasi belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi jamur kelas X di MA Babussalam Payaraman. Metode penelitian yang digunakan Pre-Eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest design. Populasi pada penelitian adalah seluruh kelas X yang berjumlah 122 siswa. Sampel pada penelitian ini dilakukan di kelas X MA Babussalam Payaraman, yang terdiri dari satu kelas yaitu X MIA 1 yang diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara hasil belajar dan motivasi belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi jamur kelas X di MA Babussalam Payaraman. Perhitungan dengan analisis korelasi Product Moment diperoleh nilai koefesien korelasi (r) sebesar 0,536 dengan nilai signifikan 0,002 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi tingkat sedang. Artinya dapat disimpulkan Ha diterima, hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara hasil belajar dan motivasi belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi jamur kelas X di MA Babussalam Payaraman.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this