Skripsi
PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 AIR SUGIHAN.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Siswa SMA.
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu bagian dari keterampilan yang dituntut pada abad ke-21. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kecakapan hidup yang perlu dikembangkan melalui proses pendidikan. Keterampilan berpikir kritis sangat penting untuk membekali siswa bersaing di dunia global. Namun berdasarkan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Air Sugihan masih tergolong rendah dengan jumlah nilai 52. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang dimiliki siswa dalam proses intelektualnya yang terorganisasi dan memungkinkan siswa dalam mempelajari masalah secara sistematis, menghadapi tantangan secara terorganisasi, merumuskan pertanyaan inovatif, serta merancang solusi dengan penalaran secara logis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 1 Air Sugihan tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian yang digunakan kelas XI MIPA 2 dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif menggunakan SPSS versi 23.0 dan Microsoft Excel. Dari hasil tes soal kemampuan berpikir kritis diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Air Sugihan indikator Interpretasi berkategori kurang kritis 50%, indikator Analisis berkategori kritis 54%, indikator Evaluasi berkategori kurang kritis 40%, indikator Kesimpulan berkategori tidak kritis 15%, indikator Penjelasan berkategori kritis 56%, dan indikator Pengaturan Diri berkategori kritis 57%.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain