Skripsi
PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Modul Biologi, Sistem pencernaan Manusia
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui pengembangan modul biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan manusia, 2). Mengetahui kelayakan modul biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan manusia, dan 3). Mengetahui efektifitas modul biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan metode Research And Develoment atau R&D dengan menggunakan prosedur Borg And Gal lyang telah dimodifikasi yaitu 10 tahap. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap ke-9. Instrumen yang dugunakan berupa lembar validasi dan angket respon untuk mengetahui kelayakan modul yang diberikan pada ahli validator, guru dan siswa menggunakan skala likert dengan lima penilaian disusun dalam bentuk Ceklist. Instrumen yang digunakan untuk uji efektifitas menggunakan soal pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil validasi diperoleh hasil rerata 87,89%, dengan demikian produk yang dikembangkan dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Setelah itu dilakukan uji coba skala kecil/terbatas kemudian modul digunakan dalam proses pembelajaran untuk mengetahui keefektifan modul. Hasil rerata dari respon guru 85,90% dan rerata respon siswa 85,77% sehingga dinyatakan dalam kriteria menarik dan praktis untuk digunakan. Kemudian modul digunakan dalam proses pembelajaran diperoleh hasil berdasarkan hasil uji pada pre-test dan post tes t 0,00. Jadi 0,00
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain