Skripsi
KAJIAN SOAL BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA BUKU BIOLOGI KELAS X.
Kata kunci: Soal biologi, keterampilan berpikir kritis, buku biologi.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jumlah persentase dan kajian soal berbasis keterampilan berpikir kritis pada buku biologi kelas X. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, sampel yang digunakan soal pada buku biologi kelas X materi Virus, Protista, Jamur dan Animalia . Teknik analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil yang diperoleh dari kajian soal berbasis keterampilan berpikir kritis pada buku buku biologi kelas X terbitan tahun 2017, (1) Terdapat 4 indikator keterampilan berpikir kritis yang diterapkan pada instrumen soal dengan kategori sangat kurang baik yang terdiri dari indikator interpretasi (16,55%), analisis (7,58%), penjelasan (8,27%) dan evaluasi (2,75%), (2) indikator keterampilan berpikir kritis ini dikategorikan sangat kurang baik karena terdapat 2 indikator yang belum diterapkan yaitu indikator inferensi dan pengaturan diri, serta keempat materi lainya masih dikategorikan sangat kurang baik untuk keterampilan berpikir kritis.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain