Skripsi
Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di MTS Muhammadiyah Sri Kembang.
Kata Kunci: Kemampuan, Berpikir Kritis, Siswa MTS
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu skill kemampuan yang dituntut
pada abad 21. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kecakapan hidup
yang perlu dikembangkan melalui proses Pendidikan. Kemampuan berpikir kritis
sangat penting untuk membekali siswa bersaing di dunia global. Bersadarkan rata-rata
hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa di MTS Muhammadiyah Sri Kembang
termasuk kategori sedang dengan persentase 76.5%. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di
MTS Muhammadiyah Sri Kembang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTS Muhammadiyah Palembang
yang terdiri dari atas dua kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu kelas
VIII A sebanyak 26 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir
kritis berupa soal essay sebanyak 16 soal. Teknik analisis data yang terkumpul
dianalisis secara kuantitatif menggunakan SPSS versi 23.0 dan Microsoft Excel. Hasil
analisis penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII A
pada materi sistem pencernaan dan struktur tumbuhan di MTS Muhammadiyah Sri
Kembang indikator Interpretasi dengan persentase 60%, indikator Analisis dengan
persentase 49%, indikator Evaluasi dengan persentase 43%, indikator Kesimpulan
dengan persentase 44%, indikator Penjelasan dengan persentase 42%, dan indikator
Pengendalian diri dengan persentase 40%.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain