No image available for this title

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA SRIGUNA PALEMBANG.



Kata Kunci: Model Pembelajaran, Auditory Intellectually Repetition (AIR),
Kemampuan Berpikir Kritis
Pendidikan adalah bagian dari proses pembelajaran, proses pembelajaran yang kurang
kritis dapat menyebabkan berpikir siswa menjadi kurang maksimal, salah satu usaha
dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa ialah dengan menggunakan
model Auditory Intellectually Repetition (AIR). Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Sriguna
Palembang materi Keanekaragaman Hayati. Rancangan penelitian menggunakan
rancangan eksperimen semu. Populasi ini adalah siswa kelas X SMA Sriguna
Palembang. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas X IPA 2
sebagai kelas eksperimen (model Auditory Intellectually Repetition) dan kelas X IPA
4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji
reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Kesimpulan penelitian ini bahwa
pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually
Repetition (AIR) pada materi Keanekaragaman Hayati dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Sriguna Palembang. Peningkatan
kemampuan berpikir kritis siswa tersebut dapat dilihat nilai tes awal dan tes akhir
kelas X IPA 2 yaitu dengan rata-rata nilai tes awal 39,10 dan nilai rata-rata tes akhir
80,76. Dilihat dari hasil uji T data berpasangan (Paired Sample T-Test) hasil nilai
signifikansi 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Serta hasil uji T data
tidak berpasangan (Independent Sample T-Test) hasil nilai signifikansi 2-tailed
sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya pembelajaran biologi
dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)
berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Keanekaragaman Hayati kelas X SMA Sriguna Palembang.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this