No image available for this title

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI JAMUR KELAS X SMA TARUNA INDOENSIA.



Pratiwi, Adelina. 2019. Pengaruh Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Jamur Kelas X SMA Taruna Indonesia Palembang Sripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unviversitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Drs. Suyud Abadi M.Si., (II) Nita Nuraini, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa

Pedahuluan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi jamur kelas x sma taruna indonesia palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian non equivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 dan XI IPA 2 semester 1 di SMA Taruna Indonesia Palembang tahun ajaran 2018/2019. Cara pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdsarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai tes awal dan tes akhir pada kelas eksperimen menunjukkan t-hitung 0,258> t-tabel (0,05) sementara nilai signifikannya adalah 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang sangat signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan deskripsi data hasil penelitian, kelompok siswa yang mengikuti pelajaran dengan Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional hal ini dilihat dari rata-rata skor hasil belajar siswa.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this