Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI MODEL ACTIVE LEARNING EVERYONE IS A TEACHER HERE KELAS X SMA KELAS FITRA ABDI PALEMBANG TAHUN AJARAN 2018/2019.
ABSTRAK
Andini Damarwulan, 2019, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Model Active Learning Everyone Is A Teacher Here Kelas X SMA Fitra Abdi Palembang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Heryati, S.Pd., M.Hum,. (II) Yusinta Tia Rusdiana, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Model Active Learning Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar.
Latar Belakang: Keinginan penulis tentang Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Model Active Learning Everyone Is A Teacher Here Kelas X SMA Fitra Abdi Palembang Tahun Ajaran 2018/2019. Rumusan Masalah: (1) Bagaimana aktivitas guru dengan menggunakan model Active Learning Everyone Is A Teacher Here dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X SMA Fitra Abdi Palembang Tahun Ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana respon siswa dengan menggunakan model Active Leraning Everyone Is A Teacher Here dalam upaya meningkatkan belajar siswa dalam pembelajaran siswa kelas X SMA Fitra Abdi Palembang Tahun Ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model Active Learning Everyone Is A Teacher Here dalam pembelajaran sejarah kelas X SMA Fitra Abdi Palembang Tahun Ajaran 2018/2019?. Metode: Penelitian Pendidikan. Jenis Penelitian: Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kesimpulan: (1) Aktivitas guru sebelum melaksanakan pembelajaran yaitu menyusun (RPP) sesuai dengan sintaks pembelajaran dengan mengunakan model Active Learning Everyone Is A Teacher Here, soal tes, lembar observasi, dan rencana tindakan. (2) Respon siswa menggunaka model Active Learning Everyone Is A Teacher Here dalam pembelajaran sejarah senang, antusias dan aktif dengan cara siswa bertanya dan menjawab pertanyaan pada saat belajar. (3) Hasil belajar siswa Pertemuan pertama, tes Prasiklus hasil siswa menunjukkan 5 siswa dengan presentase 13,8% telah tuntas dan siswa yang belum tuntas 31 siswa dengan presentase 86,1%. Pertemuan kedua, tes Siklus I menunjukkan 22 siswa dengan presentase 61% telah tuntas dan siswa yang belum tuntas 14 siswa dengan presentase 38% dengan nilai 60. Pertemuan ketiga,Tes Siklus II menunjukkan 32 siswa dengan presentase 90% telah tuntas dengan nilai dan 4 siswa dengan presentase 11,1%. Saran: (1) Bagi siswa SMA Fitra Abdi Palembang diharapkan lebih mempersiapkan diri dan lebih aktif dalam belajar sehingga akan meningkatkan hasil belajar sejarah. (2) Bagi guru, untuk dijadikan alternative dan juga dapat digunakan model Active Learning Everyone Is A Teacher Here ini agar siswa dapat belajar aktif. (3) Bagi pembaca, agar menjadikan penelitian ini sebagai bahan referensi untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan peningkatan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran sejarah
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain