Skripsi
PENGEMBANGAN PERMAINAN MATEMATIKA SIRKUIT PINTAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SIFAT OPERASI BILANGAN BULAT SISWA SMP KELAS VII.
Kata kunci: Pengembangan, ASSURE, Sirkuit Pintar.
Pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru, kurangnya penggunaan media atau alat peraga. Dilihat dari karakteristik materi sifat operasi bilangan bulat matematika, objek yang dipelajari masih berupa objek yang abstrak sehingga membuat siswa masih kesulitan mengkonstruk penguratahuannya sendiri. Metode penelitian yang digunakan penelitian pengembangan (development reseach). Dalam proses pengembangan menggunakan model ASSURE (Analyze Learner; State Objectives; Select Methods, Media and Material; Utilize Media and Material; Require Learner Participation; Evaluate and Review). Sedangkan untuk tahap formative evaluation (tahap evaluasi dan tahap revisi) pada Martin Tessmer dan Akker. Sirkuit pintar tersebut merupakan sebuah media permainan yang bernilai edukatif, produktif, menyenangkan, dan diharapkan dapat memberi manfaat lebih dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis produk, diperoleh sirkuit pintar yang valid dan praktis. Kevalidan terlihat dari hasil penelitian uji ahli. Para ahli telah menyatakan bahwa sirkuit pintar yang telah dikembangkan sudah baik berdasarkan ahli media dan ahli materi yang sudah baik (materi sesuai dengan kompetensi inti dan dasar). Kepraktisan sirkuit pintar yang telah dikembangkan dilihat dari hasil uji coba one to one, uji coba kelompok kecil (small group), di mana siswa dapat menggunakan sirkuit pintar tersebut dengan mudah tanpa bantuan temannya dan terakhir uji coba field test di mana uji coba dengan subjek peneliti yang mendapatkan hasil belajar siswa rata – rata 89,63 terdapat 22 siswa (81,48%) yang termasuk kategori baik sekali, 5 siswa (18,51%) yang termasuk kategori baik ini berarti hasil belajar siswa tergolong kategori sangat baik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan sirkuit pintar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain