Skripsi
IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL DI KELAS VII SMP.
Kata kunci: Identifikasi kesalahan, Sistem pertidaksamaan linier satu variabel
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal sistem pertidaksamaan linier satu variabel di kelas VII SMP. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Palembang. Teknik pengumpulan data berupa pemberian soal tes esay yang berjumlah 5 soal. Bentuk kesalahan yang diidentifikasi adalah kesalahan konsep, prinsip, dan operasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal materi sistem pertidaksamaan linier satu variabel, Kesalahan konsep dilakukan siswa pada butir soal nomor 1 sampai 4, dengan persentase kesalahan yang terjadi yaitu butir soal nomor 1 sebesar 56,67%, nomor 2 sebesar 43,33%, nomor 3 sebesar 73,33%, dan nomor 4 sebesar 16,67%. Untuk persentase rata-rata kesalahan konsep sebesar 36,67%. Kesalahan prinsip dilakukan siswa pada soal nomor 2 sebesar 16,67% dengan rata-rata kesalahan prinsip sebesar 3,33%. Kesalahan operasi dilakukan siswa pada butir soal nomor 1, 2, 4, dan 5, dengan persentase kesalahan yang terjadi yaitu butir soal nomor 1 sebesar 13,33%, nomor 2 sebesar 10%, nomor 4 sebesar 60%, dan nomor 5 sebesar 66,67%. Untuk persentase rata-rata kesalahan operasi 30%. Kesalahan konsep dan operasi yang dilakukan siswa pada satu soal terjadi pada butir soal nomor 1 dan 5, dengan persentase kesalahan yang terjadi yaitu butir soal nomor 1 sebesar 20%, dan nomor 5 sebesar 16,67%. Untuk rata-rata kesalahan tersebut sebesar 6,67%. Kesalahan konsep dan prinsip yang dilakukan siswa terjadi pada butir soal nomor 2 sebesar 20%, dengan rata-rata kesalahan tersebut 3,33%.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain