Skripsi
HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABELMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS VIII SMP.
Kata Kunci: Jigsaw, hasil belajar
Salah satu mata pelajaran yang memegang peranan penting baik dalam dunia pendidikan maupun kehidupan sehari-hari adalah pembelajaran matematika. Dalam proses pembelajaran matematika yang dilakukan di sekolah masih menggunakan model pembelajaran konvesional atau masih berpusat kepada guru, sehingga masih banyak siswa mendapatkan hasil belajar yang rendah. Oleh karena itu harus dicari alternatif pemecahan masalah di atas dengan menerapkan suatu pembelajaran yang lebih aktif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ‖Bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII SMP ?‖. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII SMP‖. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMP Negeri yang berada di Kecamatan Seberang Ulu 1 Palembang yang berjumlah 7 sekolah, sampel penelitian diambil 30% dari 7 sekolah SMP Negeri di Kota Palembang yang berada di kawasan Seberang Ulu 1 yaitu SMP Negeri 31 Palembang, SMP Negeri 35 Palembang, dan SMP Negeri 7 Palembang. Berdasarkan hasil perhitungan analisis menggunakan uji pihak kiri maka didapat thitung = -8,429 dan ttabel = -1,66, ini berarti thitung kemudian ̅= 68,20 dan rentang nilai dalam kategori baik sekali adalah 80 – 100, yang artinya hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di Kelas VIII SMP di Kecamatan Seberang Ulu 1 materi sistem persamaan linier dua variabel kurang dari kategori baik sekali.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain