Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI MELALUI BELAJAR KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS VIII.G SMP NEGERI 1 BANYUASIN III.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Relasi dan Fungsi Melalui Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di kelas VIII.G SMP Negeri 1 Banyuasin III. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana Strata 1 (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang.
Pembimbing: (I) Drs. H. Muslimin Tendri, M.Pd., (II) Nyimas Inda Kusumawati, S.Si., M.Pd
Kata Kunci: pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya perhatian guru terhadap siswa, guru masih berperan aktif serta kurangnya interaksi antar siswa dan kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “(1) Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi melalui model student teams achievement division (STAD) di kelas VIII.G SMP Negeri 1 Banyuasin III?, (2) Bagaimanakah respon siswa terhadap model student teams achievement division (STAD) dalam materi relasi dan fungsi di kelas VIII.G SMP Negeri 1 Banyuasin III?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah “(1) Untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi relasi dan fungsi melalui model student teams achievement division (STAD) di kelas VIII.G SMP Negeri 1 Banyuasin III, (2) Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap model student teams achievement division (STAD) dalam materi relasi dan fungsi di kelas VIII.G SMP Negeri 1 Banyuasin III” sampel penelitan ini adalah kelas VIII.G SMP Negeri 1 Banyausin III dengan jumlah 31 siswa. Pada siklus I seluruh siswa hadir untuk mengikuti tes, hasil tes siswa yang memenuhi KKM mencapai 67,74% ini berarti hasil tes pada siklus I belum mencapai kriteria ketuntasan 75% yang sebelumnya sudah ditetapkan. Pada siklus II seluruh siswa hadir untuk mengikuti tes, hasil tes siswa yang memenuhi KKM mencapai 70,96% ini berarti hasil tes pada siklus II belum mencapai kriteria ketutasan 75% yang sebelumnya sudah ditetapkan. Pada siklus III seluruh siswa hadir untuk mengikuti tes, hasil tes siswa yang memenuhi KKM mencapai 77,42% pada siklus III telah mencapai kriteria ketuntasan 75% yang sudah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan sebanyak tiga siklus, maka dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII.G SMP Negeri 1 Banyuasin III. Berdasarkan hasil lembar angket respon siswa sangat positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD).
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain