Skripsi
HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MEMBANDINGKAN BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI DI KECAMATAN SAKO.
ABSTRAK
Safitri, Juliana Ayu. 2019. Hasil belajar matematika materi membandingkan
bilangan pecahan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic
Mathematics Education (RME) pada siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan
Sako. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang.
Pembimbing: (I) Dr. Bonita Hirza, M.Pd. (II) Nyimas Inda K, S.Si.,M.Pd.
Kata Kunci: pendekatan pembelajaran realistic mathematics education
Pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran realistic mathematics education
adalah pembelajaran matematika yang berkaitan dengan realita dan aktivitas manusia.
Pembelajaran ini memberikan kesempatan siswa untuk menemukan ide dan konsep
matematika yang relevan dengan situasi sehari-hari. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah “Bagaimana hasil belajar matematika materi membandingkan
bilangan pecahan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran RME pada siswa
kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sako?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah
“Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika materi membandingkan
bilangan pecahan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran RME pada siswa
kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sako”. Rancangan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah rancangan penelitian Quasi Experimental Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah SMP Negeri yang berada di kawasan Kecamatan Sako.
Dengan sampelnya dipilih dengan teknik simple random sampling yaitu pengambilan
anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang
ada dalam populasi itu. Sampel dalam penelitian ini adalah 40% dari 3 SMP Negeri
di Kecamatan Sako. Dengan sampel sebanyak 61 siswa. Pengumpulan data didapat
dari hasil tes yang telah dilakukan berupa soal-soal berbentuk essai dengan soal
sebanyak 4 soal. Dari data yang terkumpul diperoleh nilai rata-rata x = 74,61 dan
nilai standar deviasi s = 13,563. Adapun hasil belajar siswa yang didapat berdasarkan
perhitungan analisis data hasil perhitungan menggunakan uji pihak kiri didapatkan
hasil thitung < ttabel, dimana thitung = -3,106 dan ttabel = -3, yang berarti penolakan H0, dan
Ha diterima, yang menyatakan “Hasil belajar matematika materi membandingkan
bilangan pecahan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran RME pada siswa
kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Sako termasuk dalam kategori baik”.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain