Skripsi
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK LKPD MATERI PELUANG BERBASIS KARTUN UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII.
Kata Kunci: penelitian pengembangan, lembar kerja peserta didik (LKPD), kartun.
Melaksanakan pembelajaran tidak semudah yang dibayangkan, karena dalam prosesnya, pendidik memiliki tanggung jawab dan tantangan, guru bertanggung jawab atas ketersediaan materi ajar dan tantangan agar siswa termotivasi dalam belajar. Salah satu cara mengatasi tantangan tersebut adalah menggunakan kartun karena dapat memancing perhatian, sikap kreatif dan mempengaruhi sikap pembacanya. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kartun di sekolah menengah pertama (SMP) kelas VIII yang fokus pada materi peluang. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menghasilkan LKPD berbasis kartun yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Berdasarkan hasil expert review dan uji coba LKPD di SMP Negeri 20 Palembang disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan dikatakan valid terlihat dari hasil peneliain ahli berdasarkan isi(content), bahasa, dan konstruk. Praktis terlihat dari pengamatan pada tahap small group dimana siswa dapat mengerjakan LKPD dengan mudah. Berdasarkan hasil dan nilai tes kemampuan akhir pada siswa kelas VIII6 SMP Negeri 20 Palembang yang dikerjakan secara individu dari 24 siswa yaitu terdapat 9 siswa (37,50%) termasuk kategori sangat baik, 13 siswa (54,16%) termasuk kategori baik, dan 2 siswa (8,33%) termasuk kategori cukup. Secara keseluruhan rata-rata kemampuan siswa yaitu 82,52 % yang berarti hasil belajar siswa termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar tersebut maka dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki efek potensial.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain