Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP NEGERI 12 PALEMBANG.
Kata Kunci : pengaruh, model pembelajaran examples non examples, hasil belajar
Dalam proses pembelajaran, umumnya lebih berpusat kepada guru sehingga
menyebabkan siswa hanya menerima saja materi yang disampaikan oleh guru tanpa
mereka terlibat aktif di dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah
tersebut maka dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran
Examples Non Examples suatu model yang dapat mengupayakan siswa lebih aktif
dan kritis dalam berfikir, sehingga siswa tidak diposisikan sebagai penerima materi
yang pasif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh model
pembelajaran Examples non Examples terhadap hasil belajar matematika siswa pada
materi himpunan di SMP Negeri 12 Palembang ?”. Tujuan penelitian ini adalah
“Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Examples non Examples terhadap
hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan di SMP Negeri 12 Palembang”.
Hipotesis penelitian ini adalah “Ada pengaruh model pembelajaran Examples non
Examples terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi himpunan di SMP
Negeri 12 Palembang”. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel
acak. Sampel yang diambil ada dua kelas yaitu VII.5 sebagai kelas eksperimen dan
VII.9 sebagai kelas kontrol. Dari hasil pengundian yang dilakukan sampel yang
diambil yaitu VII.5 berjumlah 30 siswa adalah kelas eksperimen dan VII.9 berjumlah
30 siswa adalah kelas kontrol. Hasil penelitian ini diperoleh hasil belajar matematika
siswa pada materi himpunan dengan menggunakan model pembelajaran Examples
Non Examples dengan nilai rata-rata �̅1 = 73,30 dan standar deviasi �1 = 12,619.
Sedangkan hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi pembelajaran
ekspositori dengan nilai rata-rata �̅2 = 57,03 dan standar deviasi �2 = 15,568,
sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t. Dari hasil perhitungan diperoleh
thitung = 4,446 dan ttabel =2,001, oleh karena itu thitung > ttabel maka Ho ditolak dan H1
diterima. Jadi kesimpulan dari pemaparan data adalah ada pengaruh model
pembelajaran Examples non Examples terhadap hasil belajar matematika siswa pada
materi himpunan di SMP Negeri 12 Palembang, diterima kebenarannya.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain