Skripsi
KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA YAYASAN PERGURUAN ISLAM PENDOPO (SMP YPIP) KABUPATEN PALI.
ABSTRAK Agustina, Sri. 2019. Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Think-Talk-Write (Ttw) Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Yayasan Perguruan Islam Pendopo (Smp Ypip) Kabupaten Pali. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd, (II) Dra. Ismaiyati, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan, Menulis, Narasi, Think-Talk-Write (TTW). Latar belakang penelitian ini adalah penggunaan model Think-Talk-Write (TTW) untuk membantu siswa menulis karangan narasi. Penggunaan model Think-Talk-Write (TTW) akan membantu siswa berusaha untuk menggambarkan sesuatu hal sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Kegiatan seperti ini menumbuhkan sifat kreatif bagi siswa dalam menampilkan gagasan dan keahlian memilih kata serta merangkainya menjadi kalimat. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimakah kemampuan siswa menulis karangan narasi melalui model Think-Talk-Write (TTW) di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Perguruan Islam Pendopo (SMP YPIP) Kabupati Pali? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi melalui model Think-Talk-Write (TTW) di Sekolah Menengah Pertama Yayasan Perguruan Islam Pendopo (SMP YPIP) Kabupaten Pali sehingga dengan adanya deskripsi tersebut maka penulis akan mendapat informasi yang jelas tentang tingkat kemampuan siswa menulis karangan narasi berdasarkan model Think-Talk-Write (TTW). Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Data yang dikumpulkan melalui tes, observasi, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C Sekolah Menengah Pertama Yayasan Perguruan Islam Pendopo (SMP YPIP) Kabupaten Pali yang berjumlah 101 siswa. Sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik sample random sampling sehingga diperoleh siswa kelas VII C sebagai sample penelitian denganjumlah siswa 28 orang. Berdasarkan hasil pembahasan data tes dari penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII C Sekolah Menengah Pertama Yayasan Perguruan Islam Pendopo (SMP YPIP) Kabupaten Pali mampu menulis karangan narasi dengan kategori baik setelah diterapkan model Think-Talk-Write (TTW) yang dilihat dari rata-rata yang diperoleh yaitu 73,64. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi siswa kelas VII Menengah Pertama Yayasan Perguruan Islam Pendopo (SMP YPIP) Kabupaten Pali mampu menulis karangan narasi berdasarkan model Think-Talk-Write (TTW) terbukti kebenarannya.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain