No image available for this title

Skripsi

BELAJAR KOOPERATIF TIPE SAVI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LIMAS KELAS VIII.A SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG.



Yani, Milisa Rendi. 2019. Belajar Kooperatif tipe SAVI untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Limas Kelas VIII.A SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Drs. Muslimin Tendri, M.Pd., (II) Luvi Antari S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Motivasi, hasil belajar, limas, belajar kooperatif tipe SAVI.
Rendahnya hasil belajar siswa karena pembelajaran guru belum melibatkan siswa ikut aktif dengan hanya duduk diam serta hanya menerima informasi yang diberikan guru dan tidak menjawab ataupun bertanya kepada guru jika materi belum dimengerti. Hal itu membuat siswa menjadi pasif, tidak berfikir kritis, dan tidak mengembangkan kemampuan dirinya. Upaya guru meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan memberikan aktivitas-aktivitas yang melibatkan semua alat indra siswa dalam pembelajaran. Karena dengan memberikan siswa aktivitas, berarti siswa dituntut bergerak aktif secara fisik dan pikiran terlibat dalam proses pembelajaran. Adapun rumusan massalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah belajar kooperatif tipe SAVI yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa materi limas di kelas VIII. A? (2) Bagaimanakah respon siswa terhadap belajar kooperatif tipe SAVI materi limas di kelas VIII.A?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana belajar kooperatif tipe SAVI yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa materi limas di kelas VIII.A SMP Muhammadiyah 4 Palembang (2) Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap belajar kooperatif tipe SAVI yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa materi limas di kelas VIII. A SMP Muhammadiyah 4 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Jumlah subjek yang diteliti ada 30 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi kemampuan peneliti dalam pengelolaan pembelajaran diambil dari lembar observasi peneliti, dan hasil belajar siswa yang diambil dari tes pada setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data pada siklus I jumlah siswa yang memenuhi KKM berjumlah 20 siswa dengan persentase 66,66% dan 10 siswa yang belum memenuhi KKM


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this