Skripsi
PERBANDINGAN PENERAPAN KURIKULUM PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AISYIYAH 1 PALEMBANG (Studi Komperatif Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013).
              ABSTRAK
 Berdasarkan pemaparan latarbelakang di atas, peneliti ini bertujuan untuk
 mengetahui Perbandingan Penerapan Kurikulum Pada Mata pelajaran Fiqih di
 Mts Aisyiyah 1 Palembang (Studi Komperarif Kurikulum Tingkat Satuan
 Pendidikan dan Kurikulum 2013). Pengembangan kurikulum adalah perancanaan
 kesempatan-kesempatan belajar yang dimaksud untuk membawa siswa kearah
 perubaha-perubahan yang diinginkan dan nilai hingga mana perubahan-perubahan
 itu telah terjadi pada diri siswa. Dalam proses belajar mengajar pengembangan
 kurikulum sangat penting karena pengembangan kurikulum sebagai tahap lanjut
 dari pembinaan yakni kegiatan yang mengarah untuk menghasilkan suatu
 kurikulum baru. Dalam kegiatan tersebut meliputi penyusunan-penyusunan
 pelaksanaan penelitian dan penyempurnaan. Melalui tahap tersebut akan
 menghasilkan kurikulum baru. Dengan banyaknya pergantian kurikulum
 pendidikan selama ini dari kurikulum 1968(politis), 1975 (MBO), 1984 (CBSA),
 1994 (CBAS), 2004 (KBK), 2006 (KTSP), dan 2013(K-13). Disetiap penerapan
 kurikulum pendidikan tersebut pada pelaksanaan atau penerapan dilapangan ada
 yang sudah sesuai dengan implementasi yang diinginkan oleh semua pihak yang
 bersangkutan dan ada juga sebagian belum sesuai dengan tuntunan kurikulum
 tersebut.
 Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunkan
 pendekatan kualitatif yang di lakukan pada semester genap tahun pelajaran 2019,
 tepatnya dimulai tanggal 07-31 Januari 2019. Teknik yang digunakan untuk
 mengumpulkan data adalah teknik Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi.
 Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisi kualitatif model
 interaktif yang dilakukan selama dan setelah kegiatan pengumpulan data yang
 dilakukan. Kegiatan ini meliputi reduksi data, display data, dan penarikan
 kesimpulan.
 Berdasarkan penelitian yang dilakukan di peroleh hasil bahwa penerapan
 Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran Fiqih di kelas VIII di
 MTs Aisyiyah 1 Palembang melalui tahap perancanaan dengan penyusunan RPP
 berdasarkan acuan silabus kurikulum 2006, menganalisis kondisi siswa, memilih
 media dan sumber belajar, dan melakukan evaluasi. Sedangkan pada penerapan
 kurikulum 2013 pada mata pelajaran fiqih kelas IX di MTs Aisyiyah 1 Palembang
 dengan melalui tahap perancanaan dilakukan menyusun RPP berdasarkan silabus
 kurikulum 2013, tahap pelaksanaan dilakukan dengan menerapkan pendekatan
 scientific melalui lima langkah yiatu mengamati, menanya, mengumpulkan data,
 mengasosiasi, dan menkomunikasikan. Tahap evaluasi dilakukan terhadap 3 aspek
 yaitu aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
 Kata kunci : kurikulum 2006 dan kurikulum 2013, mata pelajaran fiqih di MTs
 Aisyiyah 1 Palembang            
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain