Skripsi
PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH INSANUL FITROH PALEMBANG.
Guru mempunyai pengaruh yang besar bukan hanya pada prestasi pendidikan anak, tetapi juga pada sikap anak disekolah dan terhadap kebiasaan belajar pada umumnya. Karena dalam proses belajar mengajar, kemampuan yang diharapkan dapat dimilik atau dikuasai siswa setelah menempuh proses belajar mengajar adalah kemampuan intelektual (kognitif), sikap (afektif) dan kemampuan bertindak (Psikomotorik). Oleh karena itu penting bagi guru untuk mengembangkan kreatifitas siswa sehingga dapat mendukung tingkat prestasi belajar siswa.
Berangkat dari permasalahan tersebut maka fokus masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peran guru agama islam di Madrasah Ibtidaiyah Insanul Fitroh Palembang dalam meningkatkan prestasi belajar siswanya, 2) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Insanul Fitroh Palembang, 3) Bagaimana solusi mengatasi faktor penghambat guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Insanul Fitroh Palembang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yaitu peneliti berangkat kelapangan untuk mengadakan pengamatan secara intensif, terperinci dan mendalam pada kasus yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Insanul Fitroh Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data di gunakan reflektif thingking dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, serta pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan pengamatan, trianggulasi dan ketekunan pengamat.
Adapun upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Insanul Fitroh Palembang menunjukan bahwa:
1) Melakukan perencanaan yang baik dan matang, 2) Pengguna metode bervariasi, 3) Menggunakan sarana dan prasarana yang mendukung dengan baik, 4) Mengikuti pelatihan yang diselenggarakan sekolah maupun diluar sekolah, 5) Memotivasi siswa,6)Mengadakan kegiatan-kegiatan keagamaan. Adapun faktor pendukungnya: 1) Metode pengajaran yang sesuai, 2) Lingkungan sekolah, 3) Banyaknya siswa bisa membaca tulisan arab,. Adapun faktor penghambatnya:
1) Kurangnya jam pelajaran agama,2) Kurangnya minat belajar agama, ,3) Perbedaan latar belakang pendidikan,4) Fasilitas kurang memadahi. Adapun solusi penghambat 1). Pertambahan jam pelajaran dan berusaha untuk meningkatkan pengetahuan melalui kursus 2). Guru diharapkan mampu membuat alat belajar yang edukatif sehingga minat belajar siswa meningkat 3). Mengadakan diniyah siang sehabis jam pelajaran usai. 4) menerapkan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan mata pelajaran.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain