Skripsi
dampak lingkungan sekolah terhadap akhlak berbicara siswa di sd n 03 sungsang.
Lingkungan sekolah merupakan hal yang penting dalam membentuk akhlak berbicara
siswa karena lingkungan sekolah merupakan tempat bagi siswa untuk belajar bersama temantemannya
secara terarah guna menerima transfer pengetahuan dari guru yang didalamnya
mencakup keadaan sekitar suasana sekolah, relasi siswa dengan teman-temannya, relasi siswa
dengan guru dan dengan staf sekolah, kualitas guru dan metode mengajarnya, keadaan
gedung, masyarakat sekolah, tata tertib, fasilitas-fasilitas sekolah, dan sarana prasarana
sekolah. Berkaitan dengan latar belakang tersebut penulis tertarik mengambil judul Dampak
Lingkungan Sekolah Terhadap Akhlak Berbicara Siswa SDN 03 Sungsang.
Adapun permasalahannya dalam skripsi ini yaitu bagaimana lingkungan sekolah di
SD N 03 Sungsang.? Bagaimana akhlak berbicara siswa di SD N 03 Sungsang? Dan Apakah
ada dampak lingkungan sekolah terhadap akhlak berbicara siswa di SD N 03 Sungsang.
Sedangkan jenis penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif dan dikuantitatifkan.
Deskritif kuantitatif merupakan suatu analisa untuk menggambarkan data yang di dapatkan
dari responden setelah penyebaran angket, kemudian menyusun secara statistik berupa angkaangkanya
dan tabel, penyekoran dalam mengkualifikasikan data penelitian. Sedangkan
deskriftif kualitatif merupakan suatu analisa untuk menggambarkan data secara pemahaman
terhadap hasil data-data yang bersumber dari dokumentasi, kepustakaan, majalah-majalah
kemudian dikategorikan untuk di ambil sebuah pemahaman.
Berdasarkan hasil uji regresi linier berganda terdapat persamaan Y= 1,867 + 0,448X
bernilai positif dan pada uji t didapat thitung (2,884) > ttabel (1,682), maka dapat disimpulkan Ho
ditolak Ha diterima artinya bahwa lingkungan sekolah secara parsial berpengaruh terhadap
akhlak berbicara siswa. Artinya ada pengaruh lingkungan sekolah dalam membentuk akhlak
berbicara siswa dalam kesehariannya. Dan berdasarkan hasil uji t (parsial) dapat
diinteprestasikan bahwa: lingkungan sekolah mempunyai hubungan positif atau searah, hal
ini berarti bila lingkungan sekolah ditingkatkan menjadi lebih baik, maka akhlak berbicara
siswa juga meningkat ke arah lebih baik.
Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Akhlak Berbicara Siswa
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain