Skripsi
PENGARUH PEMBERIAN PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
Masalah dalam penelitian ini adalah Pengaruh Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) Di SMK Muhammadiyah 2 Palembang masih belum optimal atau masih rendah. Pekerjaan Rumah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) dirasa masih berat oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) Di SMK Muhammadiyah 2 Palembang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Jenis Penelitian ini menggunakan Penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga ditempat SMK Muhammadiyah 2 Palembang yang berjumlah 94, pengambilan sampel dengan cara mengambil seluruh populasi penelitian yaitu 94 sampel. Proses pengumpulan data dilakukan dengan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemberian pekerjaan rumah terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti (PAI dan BP) siswa kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga Di SMK Muhammadiyah 2 Palembang Tahun Pelajaran 2018/2019. kategori rendah ada 28 siswa (29,78%), kategori sedang sebanyak 41 siswa (43,62%), dan kategori tinggi ada 25 siswa (26,60%). Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar pemberian pekerjaan rumah terhadap hasil belajar siswa kelas X AKL di SMK Muhammadiyah 2 Pelembang adalah dalam kategori sedang. (2) Hasil belajar siswa kelas X AKL di SMK Muhammadiyah 2 Pelembang tahun 2018/2019 kategori rendah ada 16 siswa (17,02%), kategori sedang sebanyak 47 siswa (50%), dan kategori tinggi ada 31 siswa (32,98%). Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar pemberian pekerjaan rumah terhadap hasil belajar pendidikan agama islam dan budi pekerti (PAI dan BP) adalah dalam kategori sedang. (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pemberian pekerjaan rumah terhadap hasil belajar siswa kelas X AKL pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP) di SMK Muhammadiyah 2 Palembang tahun ajaran 2018/2019. (rxy 0,238 > rtabel 0,205). Hal ini menunjukkan bahwa semakin sering guru memberikan pekerjaan rumah maka semakin baik pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti (PAI dan BP).
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain