Skripsi
KOLERASI ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 TERUSAN JAWA KECAMATAN JEJAWI OGAN KOMERING ILIR.
BSTRAK
KORELASI ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA
PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1
TERUSAN JAWA KECAMATAN JEJAWI OKI
Oleh :
Ida Rosa
Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, aspek utama yang
ditentukan adalah kualitas guru. Untuk itu, upaya awal yang dilakukan adalah
meningkatkan kualitas guru. Kualifikasi pendidikan guru sesuai dengan
persyaratan minimal yang ditentukan oleh syarat-syarat seorang guru yang
berkualitas, berkompetensi, dan guru yang dapat meningkatkan prestasi belajar
serta mampu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa yang nantinya akan
menghasilkan prestasi belajar siswa yang baik. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif yaitu sebuah metode yang memberikan gambaran terhadap
suatu objek dan hubungan-hubunganya melalui teknik analisis statistik. Sumber
data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder.
Kemudian yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yaitu
131 orang, adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang
berjumlah 23 orang dan kelas V yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara,
dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik
analisis statistik dengan menggunakan rumus TSR.
Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa Kompetensi
Pedagogik Guru tergolong sedang terlihat dari presentase, skor sedang lebih
dominan dibandingkan skor tinggi dan rendah, terdapat 3 ( 7,5% ) responden
termasuk kategori tinggi, 26 ( 65% ) responden termasuk kategori sedang, 11 (
27% ) responden kategori kategori rendah, hasil belajar Pendidikan Agama Islam
Siswa tergolong baik, dari presentase siswa yang memperoleh nilai tinggi dengan
skor 75 ke atas ada 19 siswa, yang memperoleh nilai sedang dengan skor 69
sampai 75 ada 12 siswa, dan yang memperoleh nilai rendah dengan skor 69
kebawah ada 9 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dengan rumus korelasi
product moment ternyata rhitung lebih besar dari pada rtabel dengan df 40 pada taraf
signifikasi 1% nilai rtabel = 0,393 dan pada taraf signifikasi 5% nilai rtabel = 0,304
atau ( 0,393 < 0,819 > 0,304 ). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat
korelasi yang fositif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dalam
meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SD Negeri 1 Terusan
Jawa Kecamatan Jejawi Ogan Komering Ilir.
Kata kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil belajar, PAI
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain