Skripsi
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH SUNGSANG KABUPATEN BANYUASIN.
Kata kunci :Aqidah Akhlak , Model Role Playing, Dan Pemahaman Belajar siswa .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pemahaman belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Sungsang Kabupaten Banyuasin. (2) penerapan model role playing Di Madrasah Ibtidaiyah Sungsang Kabupaten Banyuasin.(3) pemahaman belajar siswa setelah diterapkan model role playing pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Sungsang Kabupaten Banyuasin.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest .Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Sungsang Kabupaten Banyuasin yang berjumlah 375 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 71 yang diambil sampel 45 orang .instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah test. Teknik analisis data menggunakan uji-t .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model role playing berpengaruh terhadap pemahaman belajar siswa aqidah akhlak pada kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Sungsang Kabupaten Banyuasin .dengan rata-rata hasil belajar aqidah akhlak pada kelas IV yang tidak menggunakan model role playing adalah 48,67 sedangkan pemahaman siswa aqidah akhlak yang menggunakan model role playing adalah 74,89. Analisis data menggunakan uji- t diperoleh hasil thitung 8,936 dan ttabel pada taraf signifikan 1% maupun pada tarafsignifikan 5 % dengan perincian 2,02 < 8,936 > 2,69 .hal ini menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Model Role Playing Terhadap Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Sungsang Kabupaten Banyuasin
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain