Skripsi
STRATEGI DAKWAH MAJELIS ILMU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DA’I (Studi Kasus Majelis Ilmu Al-Khoiryiah Kota Palembang Sumatera Selatan).
Dalam kehidupan manusia yang sangat berkembang pada saat ini, dakwah islam memerlukan sebuah strategi dalam penyampaiannya. Seorang da’i berperan sebagai subyek dakwah yang diharuskan memiliki strategi, pola fikir yang berkaitan dengan system agar pesan dakwah yang disampaikan dapat diterima oleh pendengar (mad’u).Namun kenyataan dilapangan sangat banyak da’i yang kurang mampu menyampaikan pesan dakwah dikarenakan kurangnya persiapan mental dan materi. Dalam hal ini penulis tertarik membahas masalah “Bagaimana strategi dakwah untuk meningkatkan kualitas da’i”. Adapun Rumusan masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian ini adalah “bagaimana strategi dan persiapan yang dilakukan oleh suatu majelis ilmu untuk meningkatkan kualitas da’i”.
Dan tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh majelis ilmu al-khoiriyah untuk meningkatkan kualitas da’i. untuk menjawab masalah tersebut peneliti menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dari sumber data yang valid dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa strategi dakwah yang dilakukan majelis ilmu al-khoiriyah untuk meningkatkan kualitas da’i adalah dengan menanamkan mental kepada calon da’i, melatih mereka agar terbiasa berbicara didepan umum dengan memperbanyak latihan berbicara didepan teman-teman sesama calon da’i setelah kegiatan pengajian, mempersiapkan materi dengan matang serta memahamkan bahwa mereka hanya bertugas menyampaikan ilmu. pelatihan berdakwah setiap hari, pengajian rutinan dan pemahaman aqidah islamiyah dari jauh-jauh hari agar ketika dibutuhkan mereka mampu menguasai materi dakwah sehingga siap untuk berdakwah dimasyarakat.
Kata Kunci : Strategi Dakwah, Majelis Ilmu, Kualitas Da’i
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain