Skripsi
PESAN DAKWAH DALAM FILM “ADA SURGA DI RUMAHMU” (Analisis Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Palembang).
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan analisis persepsi,
yaitu dimana penelitian yang terpaku pada audien (audiens research). Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Persepsi Kader Ikatan Mahasiswa
Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Palembang, Tentang Pesan
Dakwah Dalam Film “Ada Surga Di Rumahmu”.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Kader Ikatan Mahasiswa
Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Palembang, Tentang Pesan
Dakwah Dalam Film “Ada Surga Di Rumahmu”. Jenis penelitian yang digunakan
adalah kualitatif dengan mengunakan metode deskriptif dengan pendekatan analisis
Persepsi. Penggunaan analisis Persepsi ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan
Kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah
Palembang tentang pesan dakwah yang terkandung dalam film “Ada Surga di
Rumahmu”.
Subjek dalam penelitian ini adalah 6 mahasiswa di Kader Ikatan Mahasiswa
Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Palembang yang mengikuti
Pengkaderan Darul Arqom Dasar’ dan objek dalam penelitian ini adalah film “Ada
Surga di Rumahmu”.
Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara mendalam dan
dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: pertama, peneliti
menemukan tiga pesan dakwah yang terkandung dalam film “Ada Surga di
Rumahmu”, pesan dakwah dalam akidah (keimanan), syariah (keislaman), dan
pesan dakwah dalam aspek akhlak. Kemudian ada 40 scene yang mengandung
beberapa pesan-pesan dakwah. Dalam pesan dakwah aspek akidah peneliti
menemukan 2 scene, kemudian 2 scene dalam aspek syariah, dan didominasi oleh
pesan dakwah dalam aspek akhlak yaitu 36 scene.
Selanjutnya, hasil yang didapat terkait tanggapan para informan dengan
mengacu pada teori Stuart Hall dalam melakukan decoding terhadap pesan media
melalui tiga posisi, peneliti menemukan informan berbeda-beda dalam
mepersepsikan makna yang terkandung dalam film “Ada Surga di Rumahmu”.
Pertama, Untuk posisi hegemoni dominan, terdapat lima informan yang berada
pada posisi ini, yang artinya informan pada posisi ini memiliki pemahaman yang
sejalan dan menyetujui dengan apa yang disampaikan dalam film “Ada Surga di
Rumahmu”. Pada posisi negosiasi hanya ada satu informan yang menerima
sebagian pesan yang disampaikan dalam film “Ada Surga di Rumahmu” pada
adegan-adegan tertentu sesuai dengan pandangannya berdasarkan pengalaman
yang di alaminya. Sementara untuk posisi oposisi tidak ada informan yang melawan
atau mengkritisi apa yang disampaikan dalam adegan-adegan yang di gambarkan
dalam film “Ada Surga di Rumahmu”.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain