Skripsi
PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, DAN HARGA SAHAM TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEKS.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh Profitabilitas, Ukuran
Perusahaan, Leverage, dan Harga Saham terhadap Nilai Perusahaan dengan pengungkapan Islamic
Social Reporting (ISR) Sebagai Variabel Intervening periode 2015-2017. Tujuannya untuk
mengetahui pengaruh Profitabilitas, Ukuran perusahaan, Leverage dan Harga Saham terhadap
Nilai Perusahaan dengan pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) Sebagai Variabel
Intervening periode 2015-2017. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif yang bertujuan untuk
mengetahui hubungan dua variabel atau lebih serta mengetahui pengaruhnya. Variabel bebasnya
adalah Profitabilitas, ukuran perusahaan, Leverage dan Harga Saham, variabel terikatnya adalah
Nilai Perusahaan, dan variabel Intervening adalah Islamic Social Reporting. Populasi penelitian
adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) periode 2015-2017. Jumlah sampel
yang diuji sebanyak 16 perusahaan yang dipilih dengan metode purposive sampling. Data
sekunder diperlukan sebagai dasar analisis, sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah
dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan path
analysis. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan Profitabilitas,
ukuran perusahaan, Leverage dan Harga Saham secara bersama terhadap Nilai Perusahaan dengan
Islamic Social Reporting sebagai variabel Intervening. Secara parsial variabel Islamic Social
Reporting tidak mampu memediasi variabel Profitabilitas dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan.
Islamic Social Reporting mampu memediasi Ukuran Perusahaan dan Harga Saham Nilai
Perusahaan.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain