E-Perpustakaan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • LOGIN
    Anggota Pustakawan
  • VISITOR
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR VIDEO MATERI PENCEMARAN SUNGAI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

YOGI IRAWAN, NIM. 342014078 (2019) - Nama Orang;

Pengembangan Sumber Belajar Video Materi Pencemaran Sungai di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing: (I) Dr. Yetty Hastiana, M.Si. (II) Sapta Handaiyani. S.Pd.,M.Si.
Kata Kunci: Pengembangan, Pencemaran Sungai, Development Research,
Dan Sumber Belajar Video.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis pengembangan untuk menghasilkan video pembelajaran materi pencemaran sungai. Video merupakan bahan pembelajaran tampak dengar (audio visual) yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan atau materi pelajaran. Penelitian ini bermanfaat untuk mengetahui: 1) kelayakan (valid) video pembelajaran materi pencemaran sungai di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. 2) Mengetahui bagaimana suatu kepraktisan video pembelajaran materi pencemaran sungai di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Development Research (DR) dengan mengunakan model pengembangan Tessmer dengan tahapan pendekatan: Self Evaluation, Exspert Reviews, One to One, Small Group dan Field Test Pada penelitian ini tahapan dilakukan sampai Small Group. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket untuk validasi kelayakan dan mengetahui bagaimana kepraktisan video. Hasil validasi dari tiga validator menunjukkan kategori sangat layak, kelayakan tergambar dari dari aspek desain sebesar 46 yang menunjukkan nilai X > 45 dengan katagori sangat layak, dari aspek bahasa sebesar 33 yang menunjukan X > 30 dengan katogori sangat layak, Dari aspek materi sebesar 37 yang menunjukan X > 36 dengan katogori sangat layak dan hasil kepraktisan di tunjukkan kategori sangat praktis, Kepraktisan video pembelajaran dapat dilihat dari hasil ujicoba one to one diperoleh nilai rata-rata 49 > 42 artinya termasuk kategori sangat praktis, dan ujicoba small group diperoleh nilai X > 42 artinya video pembelajaran dikategorikan sangat praktis dan dinyatakan tidak perlu revisi sehingga kedepannya dapat digunakan dalam proses pembelajaran.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PEND. BIOLOGI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

E-Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah PalembangJl. Jendral A. Yani, Kel. 13 Ulu, Kec. Seberang Ulu II, Palembang, Kode Pos 30263 

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?