E-Perpustakaan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • LOGIN
    Anggota Pustakawan
  • VISITOR
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X MIA DI SMA NEGERI 1 TL. UBI TAHUN AJARAN 2018/2019.

VERA YUNITA, NIM. 342014084 (2019) - Nama Orang;

Kata kunci: Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R), Kemampuan Berpikir Kritis, Keanekaragaman Hayati
Pendidikan sangat memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa karena melalui kegiatan pendidikan dapat menuju terwujudnya bangsa indonesia sebagai bangsa yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Salah satu upaya yang ingin dicapai pada kurikulum 2013 adalah mencetak generasi yang memiliki kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran survey, quetion, read, reflect, recite, review (SQ4R) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X MIA di SMA Negeri 1 TL. Ubi Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment, Populasi ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 TL. Ubi, sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu X MIA 1 sebagai kelas Eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas Kontrol, Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t Hasil Penelitian didapatkan bahwa rata-rata penguasaan kemampuan berpikir kritis pada tes awal kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran SQ4R adalah 40,92 meningkat menjadi 80,25 pada tes akhir, sedangkan pada kelas kontrol nilai tes awal yang menggunakan model konvensional adalah 40,50 meningkat menjadi 74,31. Berdasarkan analisis uji- t berpasangan dan uji t- tidak berpasangan di dapatkan hasil nilai signifikasi 2- tailed sebesar 0,000


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PEND. BIOLOGI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

E-Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah PalembangJl. Jendral A. Yani, Kel. 13 Ulu, Kec. Seberang Ulu II, Palembang, Kode Pos 30263 

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?