E-Perpustakaan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • LOGIN
    Anggota Pustakawan
  • VISITOR
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 PALEMBANG PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA.

SEPTI KURNIA, NIM. 342014090 (2019) - Nama Orang;

Pendidikan nasional telah diatur dan didefinisikan dalam undang-undang sistem pendidikan nasional (UU Sisdiknas) Nomor 20 tahun 2016 yang didefinisikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pendidikan agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, dipengaruhi oleh meodel, metode, dan media pembelajaran yang digunakan. berpikir kritis merupakan proses dengan tujuan agar setiap individu dapat membuat keputusan-keputusan yang masuk akal, sehingga apa yang dianggap terbaik tentang suatu kebenaran dapat dilakukan dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP negeri 7 Palembang pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Eksperiment, Populasi ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan VIII 3 sebagai kelas kontrol, Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata penguasaan kemampuan berpikir kritis pada tes awal kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran POGIL adalah 52,00 meningkat menjadi 80,34 pada tes akhir, sedangkan pada kelas kontrol nilai tes awal yang menggunakan model konvensional adalah 42,97 meningkat menjadi 75,28. Berdasarkan analisis uji-t berpasangan dan uji t- tidak berpasangan didapatkan hasil nilai signifikasi 2-tailed sebesar 0,000


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PEND. BIOLOGI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

E-Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah PalembangJl. Jendral A. Yani, Kel. 13 Ulu, Kec. Seberang Ulu II, Palembang, Kode Pos 30263 

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?