E-Perpustakaan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • LOGIN
    Anggota Pustakawan
  • VISITOR
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

PENERAPAN PENDEKATAN VAK (VISUAL AUDITORY KINESTHETIC) BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 12 PALEMBANG.

NYAYU MARHAMAH, NIM. 342014100 (2019) - Nama Orang;

Proses pembelajaran yang terjadi menuntut peserta didik memiliki potensi sebagai peluang untuk menempatkannya pada kehidupan yang semakin kompetitif, salah satunya melalui penguasaan ilmu pengetahuan sehingga menciptakan proses belajar yang aktif, kritis, analisis, inovatif dan kreatif. (1) Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa melalui penerapan pendekatan VAK (Visual Auditory Kinesthtetic) berbasis lingkungan kelas X di SMA Negeri 12 Palembang. (2) Rancangan penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan desain one group pretest-posttest design. (3) Populasi pada penelitian adalah seluruh kelas X yang berjumlah 3 kelas dengan 105 orang siswa. (4) Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X IPA 1 yang diterapkan pendekatan VAK (Visual Auditory Kinesthetic) berbasis lingkungan. (5) Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan uji-t (Paired sample test) diperoleh nilai signifikansi (sig 2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05 sehingga Ha diterima yang artinya bahwa penerapan pendekatan VAK (Visual Auditory Kinesthetic) berbasis lingkungan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas X di SMA Negeri 12 Palembang. Berdasarkan peningkatan penguasaan konsep siswa pada tes awal dan tes akhir yang mengalami peningkatan tertinggi yaitu pada indikator C3 (mengaplikasikan) sebesar 47% sedangkan peningkatan paling rendah pada indikator C5 (mengevaluasi) hanya 7%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa kelas X melalui penerapan pendekatan VAK berbasis lingkungan di SMA Negeri 12 Palembang.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PEND. BIOLOGI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

E-Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah PalembangJl. Jendral A. Yani, Kel. 13 Ulu, Kec. Seberang Ulu II, Palembang, Kode Pos 30263 

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?