E-Perpustakaan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • LOGIN
    Anggota Pustakawan
  • VISITOR
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

PENGARUH LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP SIKAP KRITIS SISWA DI SMP NEGERI 2 LALAN.

NURUL ISTIQOMAH, NIM. 342014028 (2019) - Nama Orang;

Kata Kunci: Discovery Learning, Lingkungan Sekolah, Sikap Kritis
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dengan penerapan model Discovery Learning terhadap sikap kritis siswa di SMP Negeri 2 Lalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol tak setara (non equivalent contol group design). Sampel yang digunakan berjumlah 68 siswa kelas VII yang diambil dari kelas VII 2 berjumlah 34 orang dan kelas VII 3 berjumlah 34 orang. Kelas VII 3 menjadi kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model discovery learning dengan sumber belajar lingkungan sekitar sekolah dan kelas VII 2 menjadi kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model talking stick. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi untuk memperoleh nilai sikap kritis dan keterampilan. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji Mann-Whitney U test two sample penilaian sikap kritis pada kelas VII 3 menggunakan model discovery learning dengan sumber belajar lingkungan sekolah dan kelas kontrol menggunakan model talking stick nilai signifikansi (2-tailed) 0,000. Jika nilai signifikansi (sig.) 2-tailed α < 0,05/2, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada antara sikap kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan penerapan model discovery learning terhadap sikap kritis siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan d SMP Negeri 2 Lalan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PEND. BIOLOGI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

E-Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah PalembangJl. Jendral A. Yani, Kel. 13 Ulu, Kec. Seberang Ulu II, Palembang, Kode Pos 30263 

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?