E-Perpustakaan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • LOGIN
    Anggota Pustakawan
  • VISITOR
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII DI SMP NEGERI I LEMBAK.

DIAH FITRIYANI, NIM. 342014089 (2019) - Nama Orang;

Kata Kunci : Model Pembelajaran Accelerated Learning, Mind Mapping, Hasil Belajar siswa, Sistem Pencernaan Manusia. Hasil belajar IPA khususnya biologi siswa yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Ketiga ranah tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Sementara itu, kegiatan pembelajaran IPA khususnya biologi selama ini kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Accelerated Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di SMP Negeri I Lembak. Penelitian ini merupakan salah satu penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Lembak, sampel pada penelitian ini mengunakan 2 kelas yaitu VIII 1 sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII 2 sebagai kelas Kontrol, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji mann whitney u. Hasil Penelitian didapatkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada Pretest kelas eksperimen yang menggunakan model Accelerated Learning adalah 54,82 meningkat menjadi 71,42 pada Postest, sedangkan pada kelas kontrol nilai Pretest yang menggunakan metode ceramah (konvensional) adalah 50,53 meningkat menjadi 60,60. Berdasarkan hasil Uji Mann Whitney U Pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai asymp sig. sebesar 0,268 ≥ 0,05 yang artinya bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Accelerated Learning berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di SMP Negeri 1 Lembak.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PEND. BIOLOGI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

E-Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah PalembangJl. Jendral A. Yani, Kel. 13 Ulu, Kec. Seberang Ulu II, Palembang, Kode Pos 30263 

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?