E-Perpustakaan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • LOGIN
    Anggota Pustakawan
  • VISITOR
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA SRIGUNA PALEMBANG.

DESSI ELLISAHEP, NIM. 342014085 (2019) - Nama Orang;

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Auditory Intellectually Repetition (AIR),
Kemampuan Berpikir Kritis
Pendidikan adalah bagian dari proses pembelajaran, proses pembelajaran yang kurang
kritis dapat menyebabkan berpikir siswa menjadi kurang maksimal, salah satu usaha
dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa ialah dengan menggunakan
model Auditory Intellectually Repetition (AIR). Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Sriguna
Palembang materi Keanekaragaman Hayati. Rancangan penelitian menggunakan
rancangan eksperimen semu. Populasi ini adalah siswa kelas X SMA Sriguna
Palembang. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas X IPA 2
sebagai kelas eksperimen (model Auditory Intellectually Repetition) dan kelas X IPA
4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji
reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Kesimpulan penelitian ini bahwa
pembelajaran biologi menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually
Repetition (AIR) pada materi Keanekaragaman Hayati dapat meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMA Sriguna Palembang. Peningkatan
kemampuan berpikir kritis siswa tersebut dapat dilihat nilai tes awal dan tes akhir
kelas X IPA 2 yaitu dengan rata-rata nilai tes awal 39,10 dan nilai rata-rata tes akhir
80,76. Dilihat dari hasil uji T data berpasangan (Paired Sample T-Test) hasil nilai
signifikansi 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Serta hasil uji T data
tidak berpasangan (Independent Sample T-Test) hasil nilai signifikansi 2-tailed
sebesar 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya pembelajaran biologi
dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR)
berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Keanekaragaman Hayati kelas X SMA Sriguna Palembang.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PEND. BIOLOGI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

E-Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah PalembangJl. Jendral A. Yani, Kel. 13 Ulu, Kec. Seberang Ulu II, Palembang, Kode Pos 30263 

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?