E-Perpustakaan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • LOGIN
    Anggota Pustakawan
  • VISITOR
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMAN 1 RANTAU ALAI.

ARUM SAPUTRI, NIM. 342014117 (2019) - Nama Orang;

Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Keterampilan Proses Sains.
Sains merupakan ilmu yang memberikan dampak positif bagi perkembangan siswa terutama untuk menjawab perkembangan pembelajaran sains akan melatih siswa dalam meningkatkan kompetensi memahami masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat modern yang bergantung pada teknologi dan kemajuan, serta perkembangan ilmu pengetahuan. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk meng mbil judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X pada Materi pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 1 Rantau Alai Kab. Ogan Ilir”. ( ) Tuju n peneliti n untuk menget hui apakah model Problem Based Learning berbantuan LKPD untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Rantau Alai Kab. Ogan Ilir. (2) Metode penelitian menggunakan Quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group desain. (3) Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. (4) Subjek penelitian adalah 2 kelas yaitu kelas X IPA 1 dan X IPA 2 menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian (1) Hasil kelas eksperimen setelah diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan LKPD untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa berpengaruh nyata terhadap hasil belajar siswa materi pencemaran lingkungan. Hasil uji tidak berpasangan (Independent sample t-test) dari nilai akhir kelas eksperimen dan didapat nilai sig (2 t iled) sebes , < α ( , 5). Oleh seb b itu o ditol k d n dite im k en nilai signifikansi tersebut lebih kecil dibanding nilai 0,05. Serta pada keterampilan proses sains siswa materi pencemaran lingkungan data menganalisis menunjukan skor rata-rata keterampilan proses sains kelas eksperimen lebih tinggi dengan nilai 83,33 yang berkategori tinggi sedangkan kelas control dengan nilai 47,37 kategori rendah. Nilai tersebut dilihat dari tes akhir kelas kontrol dan kelas eksperimen.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PEND. BIOLOGI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

E-Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah PalembangJl. Jendral A. Yani, Kel. 13 Ulu, Kec. Seberang Ulu II, Palembang, Kode Pos 30263 

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?