E-Perpustakaan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • LOGIN
    Anggota Pustakawan
  • VISITOR
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI JAMUR KELAS X SMA TARUNA INDOENSIA.

ADELINA PRATIWI, NIM 342014056 (2019) - Nama Orang;

Pratiwi, Adelina. 2019. Pengaruh Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Jamur Kelas X SMA Taruna Indonesia Palembang Sripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unviversitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Drs. Suyud Abadi M.Si., (II) Nita Nuraini, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa

Pedahuluan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi jamur kelas x sma taruna indonesia palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan penelitian non equivalent control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 dan XI IPA 2 semester 1 di SMA Taruna Indonesia Palembang tahun ajaran 2018/2019. Cara pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Berdsarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan nilai tes awal dan tes akhir pada kelas eksperimen menunjukkan t-hitung 0,258> t-tabel (0,05) sementara nilai signifikannya adalah 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh yang sangat signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan deskripsi data hasil penelitian, kelompok siswa yang mengikuti pelajaran dengan Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional hal ini dilihat dari rata-rata skor hasil belajar siswa.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
SKRIPSI PEND. BIOLOGI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

E-Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah PalembangJl. Jendral A. Yani, Kel. 13 Ulu, Kec. Seberang Ulu II, Palembang, Kode Pos 30263 

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?