E-Perpustakaan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • LOGIN
    Anggota Pustakawan
  • VISITOR
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PROGRAMME FOR INTERNATIONAL STUDENT ASSESSMENT (PISA).

SEIRA MARINDA, NIM. 332014044 (2019) - Nama Orang;

ABSTRAK
Kata Kunci : Pengembangan, Soal, Matematika, PISA
Berdasarkan permendiknas No 22 tahun 2006 mengenai standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, tujuan pembelajaran matematika adalah agar siswa mampu: 1) Memahami konsep matematika, 2) Menggunakan penalaran, 3) Memecahkan masalah, 4) Mengkomunikasikan gagasan, 5) Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika. Tujuan pembelajaran matematika yang akan dicapai dalam permendiknas no 22 tahun 2006 tersebut sejalan dengan tujuan Programme for International Student Assessment (PISA) yang mengukur kemampuan literasi siswa di akhir usia wajib belajar. Namun faktanya Indonesia termasuk dalam 10 negara dengan kemampuan literasi matematika yang rendah dalam Programme for International Student Assessment (PISA). Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah kemampuan literasi matematika belum dilatih secara maksimal dan ketersediaan soal-soal model PISA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal matematika model PISA yang valid dan praktis untuk siswa serta mengetahui efek potensialnya terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal model PISA. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah
Menegah Pertama (SMP) Negeri 1 Palembang dengan subjek penelitian kelas IX yang berjumlah 23 orang. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari tahap preliminary, yang meliputi; (1) analisis; (2) desain; tahap formative evaluation yang meliputi tahap; (1) self evaluation; (2) expert reviews; (3)one to one; (4) small group; (5) field test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah walkthrough, dokumentasi, dan tes, didapatlah soal-soal matematika model PISA yang valid dan praktis. Valid tergambar dari hasil penilaian validator yang menyatakan soal baik berdasarkan content, konstruk dan bahasa. Praktis tergambar dari hasil uji coba small group dimana siswa dapat menggunakan booklet soal dengan baik. Berdasarkan hasil field test diketahui 9% siswa tergolong memiliki kemampuan mengerjakan soal matematika model PISA dengan sangat baik, 9% siswa yang tergolong baik, 48 % siswa tergolong cukup, 22% siswa tergolong kurang dan 13%
siswa tergolong gagal. Rendahnya prestasi siswa Indonesia dalam PISA tidak sejalan dengan hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Palembang, hal ini disebabkan karena peneliti mengembangkan soal-soal model PISA yang berbahasa Indonesia dan soal-soal dengan konteks yang dekat dengan siswa sehingga mereka lebih mudah memahami permasalahan dalam soal. Dengan demikian soal-soal
matematika model PISA yang telah dikembangkan memiliki efek potensial terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika model PISA.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

E-Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah PalembangJl. Jendral A. Yani, Kel. 13 Ulu, Kec. Seberang Ulu II, Palembang, Kode Pos 30263 

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?
  • https://jurnal.narotama.ac.id/
  • https://proceeding.unmuhjember.ac.id/
  • https://www.spb.gba.gov.ar/campus/
  • https://ojs.ucp.edu.ar/
  • http://www.apps.buap.mx/
  • http://media-ojs.vls.icm.edu.pl/
  • https://imagisite.usermd.net/
  • https://sec.ssu.ac.kr/
  • https://uofkej.uofk.edu/
  • https://conference.trunojoyo.ac.id/
  • https://revistaelectronica.unlar.edu.ar/
  • https://latihanjurnal.ftiunsa.ac.id/
  • https://journals.innovareacademics.in/
  • https://jornadasarchivos.cedinci.org/
  • https://journals.codesria.org/
  • https://jdih.komnasham.go.id/
  • https://storm.water.gov.my/
  • https://cibumscientia.umsa.bo/
  • https://journal.umpalopo.ac.id/
  • https://omp.lspr.edu/
  • https://disdukcapil.tanggamus.go.id/
  • https://supp.journalrmc.com/
  • https://fib.unand.ac.id/
  • https://opac.masoemuniversity.ac.id/
  • https://revistas.uautonoma.cl/
  • https://journals.sust.edu/
  • https://opac.fdk.uin-alauddin.ac.id/
  • https://ojs.kaznmu.edu.kz/