E-Perpustakaan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • LOGIN
    Anggota Pustakawan
  • VISITOR
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK LKPD MATERI PELUANG BERBASIS KARTUN UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VIII.

CHARIS NUGRAHA ADI SUHARTO, NIM. 332014049 (2019) - Nama Orang;

Kata Kunci: penelitian pengembangan, lembar kerja peserta didik (LKPD), kartun.
Melaksanakan pembelajaran tidak semudah yang dibayangkan, karena dalam prosesnya, pendidik memiliki tanggung jawab dan tantangan, guru bertanggung jawab atas ketersediaan materi ajar dan tantangan agar siswa termotivasi dalam belajar. Salah satu cara mengatasi tantangan tersebut adalah menggunakan kartun karena dapat memancing perhatian, sikap kreatif dan mempengaruhi sikap pembacanya. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kartun di sekolah menengah pertama (SMP) kelas VIII yang fokus pada materi peluang. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menghasilkan LKPD berbasis kartun yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Berdasarkan hasil expert review dan uji coba LKPD di SMP Negeri 20 Palembang disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan dikatakan valid terlihat dari hasil peneliain ahli berdasarkan isi(content), bahasa, dan konstruk. Praktis terlihat dari pengamatan pada tahap small group dimana siswa dapat mengerjakan LKPD dengan mudah. Berdasarkan hasil dan nilai tes kemampuan akhir pada siswa kelas VIII6 SMP Negeri 20 Palembang yang dikerjakan secara individu dari 24 siswa yaitu terdapat 9 siswa (37,50%) termasuk kategori sangat baik, 13 siswa (54,16%) termasuk kategori baik, dan 2 siswa (8,33%) termasuk kategori cukup. Secara keseluruhan rata-rata kemampuan siswa yaitu 82,52 % yang berarti hasil belajar siswa termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar tersebut maka dapat disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki efek potensial.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
MTK
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

E-Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah PalembangJl. Jendral A. Yani, Kel. 13 Ulu, Kec. Seberang Ulu II, Palembang, Kode Pos 30263 

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?