E-Perpustakaan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • LOGIN
    Anggota Pustakawan
  • VISITOR
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AKBAR 2 TIRTOSARI BANYUASIN 1.

SOPIYA, 622015028 (2019) - Nama Orang;

ABSTRAK
SOPIYA, 622015.028
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING
TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP
PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIST
DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AKBAR 2 TIRTOSARI BANYUASIN 1.
Jurusan Tarbiyah Fakultas Agama Islam.
Dalam proses pembelajaran model mempunyai kedudukan yang sangat
penting dalam upaya mencapai tujuan, karena model merupakan salah satu jalan
yang ditempuh yang sesuai dan serasi untuk menyajikan suatu hal sehingga
tercappai suatu tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien sesuai dengan apa
yang diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
penerapan model cooperative learning tipe STAD dalam meningkatkan
pemahamn siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Akbar 2 Tirtosari. Bagaimana
pemahaman peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran cooperative
learning tipe STAD. Apakah penerapan model pembelajaran cooperative learning
tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Al- Qur’an Hadis kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Akbar 2 Tirtosari.
Hasil dalam penelitian yang penulis lakukan ini yaitu, penerapan model
pembelajaran cooperative learning dari hasil wawancara peneilti dengan peserta
didik,mengatakan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning
tipe STAD sangat baik dan dianggap berdampak positif terhadap pemahaman
peserta didik. Analisis penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe
STAD dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Al- Qu’ran Hadits, karena berdasarkan perbandingan nilai “t” yang terdapat pada
thitung adalah jauh lebih besar dari pada “t” tabel, baik pada taraf signifikansi 5%
maupun pada taraf signifikasi 1% (2,082,83). Dilihat dari hasil
pemahaman peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran cooperative
learning tipe STAD meningkatkan, hal ini terlihat dari nilai rata-rata 5,85
meningkat menjadi 8,43.
Kesimpulan dari hasil penelitian yang penulis lakukan, menunjukkan bahwa
penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD pada mata
pelajaran Al-Qur’an Hadits dapat meningkatkan pemahaman peserta didik kelas V
di Madrasah Ibtidaiyah Al-Akbar 2 Tirtosari. Hal ini terlihat dari partisipasi
peserta didik yang aktif ketika proses pembelajaran berlangsung dan hasil
pemahaman peserta didik yang meningkat.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD (Student
Team Achievement Division) Pemahaman.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PAI SKRIPSI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

E-Perpustakaan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah PalembangJl. Jendral A. Yani, Kel. 13 Ulu, Kec. Seberang Ulu II, Palembang, Kode Pos 30263 

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?